Senin, 18 Maret 2013

Panasnya Jogja

PANASNYA KOTA JOGJA AKHHIR2 INI

Hai hai hai penghuni kota Jogja tercinta !!! Apa kabar?? Piye kabare ndes?? Smoga sehat selalu. Semoga yang asli Jogja makin betah, yang pendatang ke Jogja juga lebih betah lagi, terutama mahasiswanya. Jangan stress masalah IPK deh. Ketauan kan? hahahaha....

Ok guys, kita mau update kondisi kota Jogja tercinta ini yang ternyata makin hari makin PANAASSS !! Kata orang2 dulu sih Jogja ini ga begitu panas, soalnya deket Merapi. Ya bener sih, tapi juga pantai juga. Sama aja..
Nih bukti kalo Jogja itu deket dg Merapi, buktinya aku prnah sampai puncknya wkwkk...



Yang belum kenal aku, biasa lihat profil. Intinya aku asli Malang. Arek Malang yang merantau mencari ilmu disini, di Jogja. Beberapa minggu terakhir ini Jogja suhunya makin tinggi aja. Lebih tinggi daripada Malang. Ya jelas. Bukan itu maslahnya, tapi kenaikan suhunya ga normal Jogja, seakan2 koefisien kenaikan suhu kota Jogja makin naik (fisika banget). Ga malam, ga siang, sama aja. Cuma beda ada sengatan mataharinya sama nggak. Selebihnya hampir sama.. 

Awal2 dulu datang ke Jogja, pada September 2011, Jogja ga begitu panas awalnya. Pas musim kemarau , sekitar Maret 2012,  baru kerasa panasnya Jogja. Bagaikan kota Surabaya. Knapa Surabaya? Karena itulah kota terpanas yg pernah ku kunjungi. Sekarang udah Maret 2013, Jogja makin panas. Bahkan menurutku lebih panas dari Maret setahun yg lalu. Kira2 apa penyebabnya yakk??

Kalo temen2 main ke Jogja, peeh dijamin motor dan mobil berkeliaran dimana-mana, terutama di sekitar kampus. Mungkin ini ya yg bikin Jogja makin panas. Tiap mahasiswa dari luar Jogja yg kuliah di Jogja, hampir semua bawa motor2 satu per satu. Waah makin penuh jadinya. Ya mau gimana lagi, transportasi umum disini jelek. Armadanya sedikit, lama lagi nunggunya, trmasuk Trans Jogja lho. 

Ruang2 di kampus pun makin banyak yang pake AC. Ga kelas, kantor, ruang ketua jurusan, ruang dosen, supermarket, kantor2 pemerintahan, dan masih banyak lagi, hampir semua pasti punya AC. Di kampusku, Fakultas Teknik UGM aja, yang ada 8 jurusan, bisa dipastikan total AC di fakultas ini bisa mencapai 100an. Banyak kan? Belum di fakultas2 lain di UGM dan kampus2 lainnya. Waktu malam pun, tak jarang dikosan banyak anak yang buka baju gara2 kepanasan (cowok semua lo ya yg buka baju)....

Ketika menulis artikel ini, aku emg sedang kepanasan, layaknya danging yang dihangatkan di atas tungku. Lebay sih kayanya ini. Tapi emg seperti itu perumpamaan tingginya suhu kota Jogja akhir2 ini. Dengan sangat terpaksa dan emg sebenernya ngarep, aku masuk ke perpus Teknik yang full AC dan hotspot. Ngadem sambil nulis tulisan ini.

Bagi temen2 yang emg ngrasa akhir2 ini Jogja makin panas, boleh abnget sharing disini. Aku ingin berbagi cerita dengan temen2 dari manapun, terutama dari Jogja yang berada di lain daerah. Ingin tahu juga apakah temen2 di Jogja bgian selatan, timur, dan barat juga merasakan apa yg dirasakan di Jogja utara. Semoga kita bisa menikmati hidup di Jogja ini. Ayo kita hemat energi juga biar kota ini ga makin panas. 

Oke sekian dari saya. Kayaknya suhu Jogjaudah mendekati suhu kritis 33 derajat Celcius. Panas bgt kan?? I miss you, Malang.. (di Malang suhu maksimumnya cm 31 drajat Celcius loh, itu pun jarang2). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar