Minggu, 19 Agustus 2012

Berani Menyedekahkan Uang THR Anda??

Sedekah !!

Yaa, sedekah. Kita pasti sangat akrab dengan kata ini, dan saya rasa tak perlu lah dijelaskan definisinya. Intinya kita memberi apa yang kita punya kepada orang lain dan itu bermanfaat bagi org lain, walaupun hanya dengan senyuman, Ingat, senyum itu sedekah lhoo..


Nah, mumpung musim lebaran nih, para remaja muslim pasti punya banyak duit nih habis dikasih om, tente, pakdhe, budhe, dan kerabat2 lainnya. Ada yang dapat 50rbu, 200rbu, bahkan 500rbu. Banyak juga ya.

Tapi, sering kali kita lupa akan sedekah begitu kita mendapat uang yang jumlahnya lumayan banyak. Tak banyak diantara kita yang bisa menyedekahkan sebagian uang kita ketika mendapat nikmat harta, khususnya uang. Apalagi di momen lebaran ini, dimana suasananya sangat menyenangkan dan banyak makanan, dan itu mengirit uang THR lho hahahha

Kisah ane malem ini bener2 menyentuh nih. Tadi ane dikasih duit lebaran ama tante ipar ane dan orang tuanya. Nah tante ipar ane ini ceritanya suaminya/om ane (maaf) sudah berpulang ke rahmatullah. Di satu sisi, ga mungkin dong nolak. DI sisi lain, nggak etis nerima duit dari seorang janda yang hidupnya masih butuh bantuan kita, apalagi udah punya seorang anak yang menjadi tanggungannya. Gimana ente kalo ada di posisi itu? Dan di sisi lain juga, ada salah satu saudara ane yang hidupnya pas2an, bahkan mungkin kekurangan. Di situlah mungkin Allah menyadarkan ane supaya tuh duit jangan cuma diitungin doang, tpi keluarin juga. 

Masalahnya, berani gak kita nyedekahin uang THR kita?? Sebagai muslim, kita harusnya berani. Di QS 2:261, Allah akan mengganti sedekah orang yg bersedekah sampai 700x lipat. Wow, perniagaan yg luar biasa kan gan!! Di momen lebaran ini,, mumpung kita kebanyakan dapet duit THR kan, ayolah sedekah. Utamanya ke keluarga dan kerabat yg kurang mampu dulu, baru kalo udah tercukupi semua, baru kita sedekahin ke orang lain yg membutuhkan. 



Mungkin kita bangga kpd sesama manusia ketika kita berkata,"Hai, aku dapet uang THR 400ribu lho tahun ini". Tapi apakah kita bangga kpd Allah ketka kita berkata,"Alhamdulillah, aku bisa sedekahin sebagian uang THR ku untuk orang lain". Belum ada sejarahnya orang sedekah, tiba2 jadi miskin. Kgak pernah ada !! Yg ada, orang sedekah, malah makin banyak duitnya. Tuh baru bener.

Ya itu semua tergantung kita sih. Tapi ane harap kita sedekah kapan aja, ga cuma di lebaran kali ini. Masih banyak yg butuh sedekah, terutama sedekah harta dari kita. Semoga momen lebaran ini, dimana mungkin kita banyak dapat duit, bisa mengawali kebiasaan utk bersedekah. Semoga kita lebih senang menyedekahkan harta kita daripada menghitung2 tanpa mengeluarkan harta kita. AMIN !!

Taqabalallahu minna wa minkum taqabal yaa kariim. Smg kita dipertemukan Allah dg ramadhan thun depan. Amin.



          - Ditunggu kue lebarannya ya gan. Kirim ke rumah ane, ongkir tolong ditanggung ye hehe - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar