Senin, 13 Agustus 2012

Serunya "MUDIK" di Indonesia

MUDIK !!
Inilah kata yang sering terdengar ketika lebaran semakin dekat. Bulan Ramadhan smakin mendekati akhir, Idul Fitri makin mendekat. Tidak ada kegiatan lain yang dipikirkan orang2, selain MUDIK, bagaimanapun caranya.


Indonesia, yg mayoritas penduduknya muslim, memiliki suatu keunikan menjelang Idul Fitri. Berkumpul dengan keluarga dan kerabat tercinta menjadi pilihan utama. Jarak pun tak mampu mengalahkan keinginan untuk pulang kampung, terutama bagi yang kuliah atau bekerja jauh dari kampung halaman. Tiket semahal apapun pasti dibeli demi merayakan lebaran bareng keluarga.

TRANSPORTASI MUDIK

Sudah barang tentu, mudik pasti membutuhkan jasa transportasi, bahkan jasa transportasi menjadi sangat penting dalam momen2 menjelang lebaran. Ada yang pake motor, mobil, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang. Harga tiketnya pun bisa dipastika naik tajam karena permintaan yang begitu tinggi. Harga tiket pun bisa menjadi 2 kali lipat daripada harga tiket pada hari biasa. Namun, demi keluarga, harga tiket yg mahal itu bukan maslah lagi.


NIKMATNYA MUDIK

Tradisi mudik di Indonesia ini sangat spesial. Tidak ada negara yg tradisi mudiknya seprti di Indonesia. Orang2 sangat antusias menyambut mudik. Pemesanan tiket untuk mudik bahkan sudah dilakukan 3 bulan sebelum mudik, bahkan tiket untuk balik pun sudah dibeli sekalian.
Yang spesial juga, mudik pasti menyebabkan kemacetan di jalan raya. Namun, berbeda dengan kemacetan di hari2 biasa. Kemacetan saat mudik seakan menjadi bumbu pemanis dalam mudik lebaran. Tak ada rasa dongkol (yaa walau dikit2 ada sih) karena semua orang ingin bertemu keluarganya masing2.
Beramai2 dalam satu kendaraan umum sudah menjadi hal biasa dalam mudik. Rasa rindu akan keluarga sudah mengalahkan rasa sumpek dalam kendaraan.

                                    

Pola arus mudik pun sudah bisa ditebak, yakni dari barat ke timur. Kenapa gitu? Sudah tahu sendiri lah, di lebih banyak orang dari Indonesia bagian timur yg bekerja di Indonesia bagian barat daripada yg sebaliknya hehe. Contoh aja Jakarta. Banyak orang2 asli Jawa Tengah dan Jawa Timur yg merantau ke Jakarta, entah kuliah atau bekerja. Ketika mudik, Jakarta bener2 lapang ditinggal penghuninya. Arus transportasi pun juga banyak yg bergerak dari Jakarta ke arah timur Jakarta.

\JAKARTA ----------> MALANG
via KA Gajayana



Yahh, mudik bntr lagi. Selamat bermudik ria deh kawan semua. Semoga selamat smpai tujuan. Yg bawa kendaraan pribadi, kalo ngantuk mending berhenti dulu biar aman haha, Ada pak polisi di jalan yg siap mengamankan mudik

  --------->> ISTIRAHAT DULU GAN!!!

Dan ane mengucapkan:

"Taqabalalahu minna waminkum taqabal yaa kariim. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadhan diterima Allah SWT. Selamat Idul Fitri 1433 H" 

Jangan lupa balik ya gan, khusnya buat yg kuliah. Bisa di-DO ntar kalo ga balik haha...



2 komentar:

  1. haha lucu ya tradisi mudik. semoga mudik 2012 ini berjalan lancar ya :)

    BalasHapus
  2. iyo amin pik. Slamaat mudik haahaha

    BalasHapus