Selasa, 19 Maret 2013

HAL-HAL YANG MENJADI WARNA-WARNI HIDUP ANAK KOSAN


1. Makan serba cari sendiri

Udah jadi hal pasti makan adalah kebutuhan pokok orang, apalagi anak kosan yang jauh dari orang tua Makan pun serba mandiri, gabisa dimasakin ibu tercinta. Dan anak kosan pasti cari makanan dgn harga ekonomis. Porsi banyak dan harga murah. Gizi biasanya jadi nomor sekian (jangan sampe ya..). Apalagi di jogja ini, bener2 murah. 3000 pun sudah bs makan enak, ambil sndiri lagi. Yang di Jogja, berbahagialah. Yang di bandung, siapkan minimal 7000 rupiah sekali makan hahaha. 



2. Cuci baju sendiri

Cuci baju adalah hal yang paling memalaskan untuk dilakukan, apalagi untuk anak laki2. Anak laki2 sukanya instan, maksudnya laundry. Tinggal kasih, tunggu, bayar, ambil. Selesai. Tapi khusus laki2 seperti saya, cuci baju sendiri adalah KEWAJIBAN. Kalo cuaca bner2 ga menentu, baru di laundry aja lah biar kelar. Bisa2 sistem CD side A-side B dijalankan. Itung2 latihan utk jadi suami teladan hahha. Tapi, pakah anak cewek juga seperti itu? Ada juga sih yg gitum ada jg yg nggak. Sya gatau persis, soalnya di kosan saya anaknya cowok semua haha. Salam cuci baju !!!

3. Ati2 kalo jemur pakaian

Setelah cuci baju, biasanya kan baju2 pada dijemur. Yang jadi masalah adalah ketika tiba2 hujan turun, dan kita masih ada di kampus. Perihnyaa.... Kerja keras 1 jam untuk cuci baju dan 3-4 jam untuk dijemur dihapus oleh 1 menit guyuran air hujan yang deras. Apa yang bisa dilakukan seorang bocah kosan kalo sudah begini? Pasrah. Yah pasrah sepasrah2 nya. Berharap esok hari cerah dan bisa nungguin cucian kering. Hehehe, 

4. Hati2 pilih teman dan pergaulan

Di daerah perantauan, kalo saya di Jogja, ada banyak jenis teman yang bakal kita temui di Jogja. Teman2 kita berasala dari berbagai daerah, budaya, suku, bahasa, dll. Saya sih plg suka ndengerin orang Minang kalo lagi ngomong bahas Minang sama rekannya. Asik kayaknya bahasanya. Lanjut ke main topic. KEtika jadi anak kosan, pilih teman yg bisa membantumu meraih cita2 dan mimpi2mu. Kalo pengen jadi pengusaha, carilah partner yg tepat di daerah rantauan. Di situlah mental pengusaha bakal ditempa. Kalo mau jadi presiden, cari teman yg jago ngomong, yg jago organisasi. Jangan salah pilih teman pokoknya, apalagi temen lawan jenis. Temen lawan jenis itu bisa mendukung kita, sekaligus menjerumuskan kita. Maksudnya? Yahh terka sendiri lah. Pasti semua tau apa yg dimaksud, Googling aja kalo msh gatau juga ..

5. Rindu orang tua

Ini menjadi hal yg pasti dirasakan tiap anak kosan. Orang tua hanya bisa kita denger suaranya lewat HP. Atau skrg udh ada skype. Tpi ttp aja, ketemuan langsung itu lebih afdhol daripada lewat media. Biasanya anak2 kosan pada bawa foto orang tuanya, biar kalo lagi banyak khilaf jadi tobat gara2 inget org tua. Tuh jangan banyak2 ya nakalnya. Apalagi kalo ditanyai IPK, serba dilematis. Serba susah. Apalagi ini dunia ENGINEERING alias teknik. Tau sendiri kan gimana dosen2 teknik? Hehehe. Pokoknya jangan sampai ngecewain orang tua. 

6. Mau jadi apatis atau dinamis??

KAyakny akata2nya berat ya. Emang berat. Tapi ini nyata bero, Jadi anak kosan, kita bisa pilih jadi apatis atau dinamis. Apatis maksudnya kita jadi mahasiswa yg kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang). Kerjaannya belajar, mandi buang air, tidur, dst. Kayak ga ada kerjaan lagi apa. Hahaha. Atau hadi yg dinams, biasanya sih disebut kura-kura (kuliah rapat kuliah rapat). Tapi ada juga yg diantara keduanya, yah tengah2nya lah. Tapi ada yg super duper santai hidupnya, kuliah ya santai bgt, organisasi sntai bgt, hidupnya main2 doang. Ckckck ada2 aja. Pokoknya, jangan jadi apatis banget, atau dinamis banget. Ambil tengah2nya. Kalo apatis bgt, kamu bakal jadi seperti musuh dan terasing di kampus sendri. Kalau dinamis bgt, kamu bakal bnyak yg butuhin tenagamu, shingga kamu stress, kurang belajar, IPK jelek, dimarahi org tua,makin stress, marah2 sendiri, banting2 meja, lalu bunuh diri. Jleebb. Ati2 mau jadi kamu ke depannya kelak. 

AYO JADI ANAK KOSAN, BIAR TAHU PAHIT MANIS ASAM ASIN-NYA HIDUP INI !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar