Kamis, 21 Maret 2013

Dari Teman SMA, Ternyata Jadi Jodoh (Eps 2)

Teman SMA-ku, Jodohku
(Eps 2)

Tim Raka hanya bisa tertunduk lesu. Yang membuat mereka tidak percaya, yang melakukan bluncer adlah pemain andalan mereka sendiri, Raka. 
"Gimana kau ini, Rak. Buang aja bolanya tadi,"sahut Jarwo sambil agak emosi. 
"Bener Jarwo, jangan asal passing aja kamu Rak. Kita yang rugi nih,"timpal si Awi selanjutnya.
Komentar2 di atas bener-bener bikin si raka tersudut dan terpojok. Belum pernah rasanya dia merasakan hal seprti ini. Menjadi seorangyang patut disalahan atas kekalahan timnya. Hanya gara-gara kesalahannya, semua anggota timnya menanggung kekalahan ini. Sampai di rumah pun, wajah Raka masih cemberut, walau udah agak mendingan gara-gara ada soto ayam buatan ibunda tercinta menyambutnya begitu sampai rumah. Namun, tetap ada rasa gak enak sama temen2nya gara-gara hal tadi. 

Bingung dan bingung. Mau ngapain untuk melampiaskan kecemberutannya. Mau main laptop, ternyata belum punya. Soalnya masih anak SMA kata ayahnya, Mau megang bola, ga mood. HP lah yang jadi sasarannya. Dibukanya daftar kontak nomor HP teman2nya untuk dismsin 1 per 1 untuk minta maaf. Tak sengaja ia menemukan nama Fidha di HP nya. Hmm. Sejenak ia terhenti melihatnya. Akhirnya, ia sms tuh si Fidha. Nanyain segala hal yg bisa ditanyain dan diobrolin bareng. Setelah beberapa menit membuka obrolan, Raka mengirim sms ke Fidha bgitu sebaliknya kira2 seperti ini:
R: Tadi liat pertandingan kelasku ga?
F: Lihat kok rak. Kenapa?
R: Tau brapa skornya tadi??
F: Tau lah. Tim mu kalah 2-1 kan?? Knp emg?
R: Hehe. aq ngrasa g enak sm tmn2ku. Td disalahin mulu.
F: Ya mau gmna lagi rak, emg tadi salahmu kan. Gpp lain kali jgn diulangi
R: Oh ya mksih, tpi tetep aja ada rasa ga enak. Kelasmu gmana kmrin?
F: Kelasku udh kalah di penyisihan rak. Yah tau lah pemainnya kan ga bgitu jago2..
R: Hahaha sori ga ad mksud ke situ. Oh ya gimana les di tempat yg baru itu? enak ga? mau ikut coba soalnya..
F: Oh itu. enak ko rak. Tmn2 kita jg banyak yg dsana. Ikut aja gapapa. Hehehe
Hal ini berlangsung selama 2 jam lamanya. Saling balas sms. Yah remaja SMA banget kan. Mulai berani ngapa2in. Ati2 lo ya, ntar kejerumus hal yg nggak2 hahhaa..

Momen malam itu menjadi sesuatu yang baru bagi Raka dan Fidha. Si Raka baru kai ini curhat masalahnya ke seorang perempuan yang baru aja akrab. Si Fidha juga sama. Dia merasa baru kali ini ada laki2 yg mau curhat masalahnya ke dia, lewat sms lagi, malam2 lagi, jam2 mau tidur lagi, pas ada sinetron lagi, dan lagi2 lainnnya. Hayo keduanya ge er. Jangan sampai yak. Walaupun sebenernya keduanya ngrasa GR, tapi keduanya ttp menyimpan rasa GR nya sendiri2. Ternyata mereka saling tunggu sms. DAn apa yang terjadi smaa mereka? Mereka malah ga jadi sms terus gara2 saling nunggu. Lagi kan ciri ababil nya keluar. Baru akrab dikit,udah langsung GR. Udah langsung kayanya bakal jadi sesuatu yang wahhh. 

Beberapa hari kemudian, Si Raka bener2 ikut les di tempat belajar Fidha. Dia langsung ngabari Fidha kalo dia les juga di tempat itu. Reaksi Fidha? Ternyata biasa2 aja dari wajahnya, walaupun dari dalam hati kayanya ia seneng Raka bisa gabung disana. Sayangnya, ia ga 1 kelas dengan Raka. Beda hari lagi. Jadi rasanya untuk ketemuan waktu les aja udah gak mungkn banget. Raka di sekolah juga sibuk main, sementara Fidha sibuk belajar dan organisasi. Sampai suatu ketika, di tempat les, Raka dan Fidha ketemu.
R: Woi fid gimana kabarnya kok ga ada kabar bbrap hari ini? 
F: oh rak. Aku lgi sbuk belajar. Soalnya mau UAS ini. Lah kmu ?
R: wkwk aku ga sempet nih fid belajar. Masih sering kumpul2 sama temen2 juga soalnya. Makanya aq nambah jam belajar disini biaar lebih enak. 
F: Oh gitu? Dulu wktu masuk sini kok gak anya aku hari apa lesnya? Kalo breng kan enak sama anak2 juga banyak ...(mulai modus, tapi tete kalem).
R: Waduh itu yg daftarin ayahku soalnya. Aku cm ditanyain bisa hari apa aja. Ya udh didaftarin deh. Sori ya. Aku gatau kalo ternyata anak2 banyak disinii..
F: Oh gitu ya udah gapapa. Emm, aku mau pulang dulu ya rak. Udah malam ni. 
R: Oh ya udah kalo gitu. rumah mu dmana? (eaa gantian modus kuno ala anak SMA )
F: Oh aku di daerah Sawangan, Rak. Knapa?
R: Oh rumahku juga disana (dlm hati: jauh banget dr rumahku). Mau bareng ??
F: Wah aku udah dijemput ayahku. Makasih rak. Duluan ya..
Hahahaha. Ternyata Raka gagal. Gapapa, lain kali mungkkin bisa, pikirnya sih gitu. 

Hari demi hari menjelang kenaikan kelas 12 mkin dekat. Akhirnya kenaikan kelas itu tiba. Semua murid naik kelas, dengan nilai rapor yang berbeda-beda. Si Fidha berhasil masuk jajaran peringkat atas paralel angkatan, sementara Raka di peringkat tengah2 kelasnya pun ga masuk. Untung masih naik kelas. Kelas 12 sudah di depan mata. Semua elemen sekolah pun menjadi lebih hati2 dalam mempersiapkan program2 untuk siswa-siswa kelas 12 yag baru ini. Akan tetapi, dasar anak SMA, siswa2 nya malah masih nyante menjelang kelas 12. Beberapa siswa malah santai banget menghadapi kelas 12, yang kata orang2 itu waktunya untuk tobat. Emang bener sih, tapi apa tobat harus nunggu kelas 12. Yah balik ke cerita. Intinya, semuanya mau ga mau mempersiapkan diri menuju ke kelas 12. 

Kelas 12 pun dimulai. Anak-anak IPA pun mulai dijejali materi-materi yang lebih sulit kayak integral, statistik, turunan, dkk. Kebetulan Raka dan Fidha masuk jurusan IPA. Si Fidha mulai meninggalkan OSIS sedikit demi sedikit agar bisa lebih fokus ke belajar. Raka malah sebaliknya. Malah makin rajin main boal tiap istirahat. Alasannya sih biar ga stress. Soalnya materi kelas 12 susah2 katanya. Ada-ada saja. Komunikasi Fidha dan Raka pun makin kabur, makin jarang ketemu lagi. Walaupun keduanya pengen ketemu, ada saja yang menhalangi, terutama jadwal les smpai malam yang ga karu2an membuat keduanya jarag ketemu. 

Masa-masa kelas 12 kata orang-orang adalah masa-masa paling galau. Galau masa depannya, dimana seorang remaja SMA kelas 12 sudah harus memikirkan mau kuliah dimana, mau masuk AKMIL, AKPOL, kerja dimana, mau jadi apa, nikah sama siapa, mau gaju berapa nanti, dsb. Dan itu smua harus diawali oleh kelulusan SMA yang kurang dari 1 tahun akan mereka hadapi. Termasuk Raka dan Fidha. Mereka sudah mulai merancang mas depan mereka mau seperti apa, dimana, bagaimana, dengan siapa, dan seterusnya. Raka ingin menjadi seorang pengusaha sukses, karena pikirnya dia ga pantes jadi dokter atau insinyur yang notabene mencirikan orang rajin dan pintar banget. Si Fidha malah kebalikan Raka. Ia inigin menjadi dokter, insinyur, saintis, atau pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan sains. Bener2 berkebalikan ya mereka. 

Nilai semster 1 pun sudah keluar. Nilai Raka masih saja rata-rata. Nilai Fidha sudah pasti di atas rata-rata. Jauh di atas rata-rata. Orang tua Raka mulai khawatir dengan nilai-nilai Raka. Ibu Raka pun membuka sesi curhatnya dengan Raka.
I: Rak, nialimu masih biasa2 aja lo. Udah mau UAN lo 
R: Iya bu. Tapi raka udah usaha. Tpi ttp aja masih biasa2 aja. 
I: Kamu harus belajar lebih keras. Lebih giat. Bahkan kalo perlu mau les tambahan lagi. 
R: Waduh bu ndak usah. Les satu ini udah nguras tenaga dan waktu banyak banget. 
I: Ya udah. Pokoknya Rak, kamu harus udah rancang masa depanmu ya. Ntar kamu kerja dimana, nikah sama siapa, sama lain2nya harus udah dipikirin lo. 
R: Iya bu, Raka udah mulai mikir Tpi ini dulu yag dipikir bu. Kalo mkir kejauhan, malah bisa gagal yang disini. 
I: Ya udah  pokoknya bapak sama ibu akan doain kamu terus supaya berhasil dalam hal apapun, termasuk masa depanmu nanti. 
R: Iya maksih banyak bu.
Percakapan antara ibu dan Raka yang baik. Sang ibu tidak mearahi Raka karena nilainya jelek. Begitu juga Raka tidak marah2 kalo dinasihati. 


End of Eps. 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar